Sabtu, 15 Agustus 2015

Klasifikasi jaringan komputer



Di postingan kali ini saya akan memberikan sebuah materi tentang klasifikas jaringan yang sebelumnya saya sudah memposting sebuah pengertian dari jaringan komputer. Baca dengan baik agar anda mendapat sebuh ilmu dari blog saya ini. Langsung saja tanpa basa basi ini dia materinya .
KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER
1) Berdasarkan luas areanya
   A) Local Area Network (LAN)
         Jarak jangkauan Local Area network (LAN) tidak terlalu jauh. Biasanya dterapkan pada suatu   gedung atau antar gedung dalam suatu kompleks perkantoran atau sekolah. Lokal Area Network(LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus  yang beukuran sampai beberapa kilo meter. LAN seringkali di gunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi workstation dalam kantor suatu  perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersam sumber daya(resource, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
    B) Metropolitan Area Network(MAN)
          Metropolitan Area Network(MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dangan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau sebuah kota dan dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel. Alasan utama memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah di tentukan standar untuk MAN, dan standar ini sekarang edang diimpllemantasikan . Standar tersbut di sebut DQDB(Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standar IEEE. DQDB terdir dari dua buah kabel unidirectional di ana semua komputer di hubungkan.
     C) Wide Area Network(WAN)
           Jaringan Wide Area Network(WAN) mempunyai cakupan terluas, bahkan  dapat dikatakan mencakup seluruh dunia. Jaringan ini sendiri dapat dihubungkan  dengan menggunakan satelit  dan media kabel fiber optic. Wide Area Network(WAN), jangkaunya mencakup daerah geografis yang luas, sering kali mencakup sebuah negarra bahkan benua. Wan terdiri dari kumpulanmesin-mesin  yang bertujuan untuk menjalankan program (aplikasi) pemakai.
Pada sebagian besar WAN, subnet terdiri dari dua komponen berikut.
(               1)    Kabel transmisi (disebut juga sirkuit, channel, atau trunk) memindahkan bit-bit dari mesin  satu ke meesin yang lainya
(                2)    Element switching adalah komputer khusus yang di pakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih.

     D)  Internet
            Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini,seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yanag berbeda-beda.orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya.Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda.biasanya untuk melakukan hal ini di perlukan sebuah mesin yang di sebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang di perlukan,baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang di sebut internet.
      E)Jaringan tanpa kabel(Wireles)
            Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak dapat di lakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel.Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada di atas mobil atau pesawat terbang.maka mutlak jaringan tanpa kabel di perlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin di buat di dalam mobil atau pesawat.

Nah itu dia materi yang saya berikan pada postingan kali ini semoga dapat menambah pengetahuan ,ilmu dan wawsan anda tentang jaringan komputer .
Selamat membaca kembali di postimgam selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar